Friday, February 13, 2009

Kurva Penawaran

Kurva penawaran dan dalil penawaran

Kurva penawaran menunjukkan hubungan harga yang sesuai dan banyaknya barang, bahwa produsen akan bersedia menjual selama periode waktu tertentu. Untuk memperlihatkan hubungan apel, kami mengasumsikan bahwa variabel yang satu dengan yang lainnya mempengaruhi persediaan apel ( biaya pemasukan, teknologi, dan jumlah produsen) yang harus diperbaiki. Untuk menggambar kurva penawaran, kami memakai data yang ada di table penawaran, dimana table menampilkan data banyaknya persediaan barang dengan perbedaan harga. Gambar 4 menunjukkan tabel daftar persediaan barang dan kurva penawaran. Banyaknya persediaan pada 10.000 pon sehari dengan harga sebesar $0,40 (titik b), tetapi 20.000 pon dengan $0.60 (titik e ).

Sewaktu harga apel berubah tetapi masih berada sepanjang garis kurva penawarannya , maka banyaknya persediaanya pun berubah. Menurut dalil kurva penawaran jika harga lebih tinggi maka banyaknya persedian pun akan besar pula. Hal ini praktis karena dalam peningkatan harga produksi untuk keuntungan apel lagi, pertambahan hasil harga produksi apel itu lebih menguntungkan, kedalam 2 tanggapan.

1. Ada perusahaan akan menyediakan lebih banyak apel dari fasilitas produksi mereka (perkebunan dan toko).
2. Perusahaan baru akan memasuki industri dengan mendirikan fasilitas produksi.

Di dalam ilmu ekonomi, perubahan dalam banyaknya persediaan mengakibatkan perubahan banyaknya persediaan barang pada harga yang sesuai dan akibatnya berada pada seoanjang kurva penawaran.

Pergeseran kurva penawaran

Jenis perubahan apa yang menggeser kurva penawaran tersebut? Tarik kembali kalau kami mengambil persediaan melengkung – hubungan kuantitas menyediakan dan harga – kami mengasumsikan bahwa variabel lain yang mempengaruhi persediaan supples (biaya masukan, teknologi, dan jumlah produsen) diperbaiki. Jika salah satu variabel lain berubah, maka kurva penawaran pun akan bergeser, hal ini perubahan hubungan antara harga dengan jumlah barang. Di dalam ilmu ekonomi, hal ini dinamakan perubahan dalam penawaran. Kurva penawaran yang baru menandakan di setiap harga,jumlah persediaan akan lebih kecil atau lebih besar.

Pada gambar 5 menunjukkan perningkatan pada titik awal kurva penawaran serbelumnya, menggambarkan pergeseran kekanan yang di tunjukkan pada kurva S1 ke S2. Di masing-masing harga, produsen bersedia menyediakan lebih banyak apel. Misalnya, di harga sebesar $0,40 , banyaknya persediaan bertambah dari 10.000 pon (diperlihatkan dengan titik b) sampai 16.000 pon (diperlihatkan dengan titik h). Ini sebagian dari perubahan akibat adanya pergeseran kurva penawaran ke sebelah kanan.




Pasar Equilibrium

Keseimbangan pasar adalah situasi dimana jumlah produksi yang diminta harus sama dengan jumlah produksi yang ditawarkan atau disediakan, oleh sebab itu tidak ada tekanan untuk perubahan harga. Misalnya, jika perusahaan apel menghasilkan sesuai dengan jumlah apel yang konsumen inginkan untuk membelinya, maka tidak ada tekanan untuk perubahan harga apel. Harga keseimbangan di tunjukkna pada titik perpotongan garis kurva penawaran dan permintaan. Pada gambar 6 di halaman 68, di harga sebesar $0.60, garis kurva persediaan menunjukkan bahwa perusahaan akan menghasilkan 20.000 pon, hal ini sesuai dengan jumlah barang yang konsumen ingin membelinya ialah persis lalu kuantitas bahwa konsumen bersedia untuk membeli di harga ini.

Jika harga menjadi berkurang dari harga keseimbangan, maka akan ada pengurangan kekurangan produk. Kekurangan terjadi kalau konsumen bersedia membeli lebih dari harga produsen untuk menjualnya. Pada gambar 6 ada kekurangan ada kekurangan di harga sebesar $0.40 yaitu konsumen bersedia membeli 26.000 pon apel (titik S), tetapi produsen bersedia menjual dengan hanya 10.000 pon (titik R). Akibatnya, harga apel akan bertambah : penjual akan menaikan harga atas dasar persediaan apel mereka terbatas, dan konsumen akan cemas karena harus membeli apel dengan harga yang tinggi. Sewaktu harga naik, pasar bergerak ke atas sepanjang garis kurva permintaan (jumlah yang diminta berkurang) garis kurva penawaran (jumlah yang ditawarkan bertambah), oleh sebab itu titik antara jumlah yang diminta dan ditawarkan akan menyusut. Jumlah yang barang ditawarkan sama dengan jumlah barang yang dimiknta.
Apa yang akan terjadi jika harga terus dalam keadaan keseimbangan?
Keuntungan terjadi kalu produsen menawarkan barang kekonsumen dan konsumen bersedia untuk membelinya. Ini ditunjukkan oleh titik k dan j pada gambar 6: pada harga sebesar $0.80, produsen bersedia menjual tempat pengurungan binatang sebesar 30.000 pon, sedangkan konsumen bersedia membeli barang hanya 14.000 pon. Harga apel akan berkurang sewaktu perusahaan memotong harga untuk menjual apel sisa mereka. Sewaktu harga turun, pasar bergerak ke bawah sepanjang garis kurva permintaan (jumlah yang meminta bertambahan) maupun kurva penawaran (jumlah yang ditawarkan berkurangan). Harga akan terus berkurang sampai keuntungan dihapuskan: di harga sebesar $0.60, jumlah permintaan.

1. Penurunan pada satu biaya pengeluaran (untuk contoh, kerja atau pupuk) akan membuat produksen apel lebih menguntungkan pada harga yang diberi, oleh sebab itu produsen akan bersedia menyediakan lebih banyak apel pada harga itu.
2. 2.Kemajuan teknologi membuat biaya produksi lebih rendah akan membuat produksi apel lebih menguntungkan, oleh sebab itu produsen menyediakan lebih banyak apel.
3. 3.Pertambahan di jumlah produsen.
4. 4.perubahan pada harga, produsen akan akan mengaharaokan harga yang lebih rendah dari pada harga sebelumnya.


Tentu saja, kurva penawaran juga bisa bergeser ke kiri, mengakibatkan di titik awal berubah. Misalnya, pertambahan pada pendapatan biaya produksi apel yang menguntungkan, oleh sebab itu produsen akan bersedia menyediakan lebih sedikit di antara mereka. Sebab lain pergeseran kurva penawaran adalah pajak yang dipaksakan pada produsen apel, yang mempunyai efek sama sebagai pertambahan pada biaya produksi : keuntungan dari produksi apel akan turun, oleh sebab itu perusahaan akan menghasilkan lebih sedikit apel. Garis kurva penawarn juga akan bergeser ke sebelah kiri jika jumlah perusahaan berkurang atau produsen2 mengharapkan harga menjadi lebih tinggi daripada harga yang telah ditetapkan.



Efek dari perubahan permintaan pasar

Sejak kami tahu bagaimana caranya untuk menemukan keseimbangan pasar, kami bisa menjelajahi efek dari perubahan permintaan di atas harga keseimbangan dan ganti di permintaan di atas harga keseimbangan dan jumlah yang sesuai. Pada gambar 7 di halaman 68 pertambahan pada permintaan mengakibatkan pergeseran kurva permintaan kekanan, dari D1 ke D2. Pada harga asli sebesar $0.60, akan ada kekurangan apel, seperti yang ditunjukkan dengan titik e dan g: konsumen bersedia membeli 28.000 pon (titik g), tetapi produsen bersedia berbisnis hanya 20.000 pon (titik e). Pertambahan permintaan mengakibatkan keseimbangan pasar yang berubah. Garis kurva penawaran berpotongan dengan garis kurva permintaan baru di titik f, oleh sebab itu harga keseimbangan baru menjadi $0.70 (ke atas dari $ 0.60) dan kuantitas keseimbangan baru adalah 25.000 pon (ke atas dari $ 20.000).

No comments:

Post a Comment

Post a Comment