Friday, February 13, 2009

Curah hujan Indonesia

CH TERBESAR DAN TERKECIL DI INDONESIA
Daerah yang paling banyak mendapatkan curah hujan adalah Batu Raden, Jawa Tengah yaitu 7.069 m/ tahun, sedangkan yang paling sedikit mendapatkan curah hujan adalah Palu yaitu hanya 547m/tahun.
Curah hujan di Indonesia tidak terlepas dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur. Angin muson barat pada bulan Januari tekanan udara tinggi berada di atas Asia sedangkan tekanan rendah berada di atas Australia, angin ini berhembus di atas Lautan Pasifik banyak membawa uap air dan akhirnya menurunkan hujan di wilayah Indonesia bagian barat dan berlangsung antara bulan Oktober – April (musim hujan )
Angin muson timur berhembus dari arah timur pada bula Juli. Tekanan udara tinggi berada di atas Australia dan tekanan rendah berada di wilayah Asia, angin ini berhembus melalui banyak daratan dan daerah laut yang dilaluinya sedikit sekali sehingga udara yang berhembus tidak terlalu banyak mengandung uap air oleh sebab itu hujanya sedikit dan berhembus pada bulan April – Oktober, dan terjadilah di Indonesia musim kemarau.
Pola umum curah hujan di Indonesia antara lain dipengaruhi oleh letak geografis. Secara rinci pola umum hujan di Indonesia dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Pantai sebelah barat setiap pulau memperoleh jumlah hujan selalu lebih banyak daripada pantai sebelah timur.
2. Curah hujan di Indonesia bagian barat lebih besar daripada Indonesia bagian timur. Sebagai contoh, deretan pulau-pulau Jawa, Bali, NTB, dan NTT yang dihubungkan oleh selat-selat sempit, jumlah curah hujan yang terbanyak adalah Jawa Barat.
3. Curah hujan juga bertambah sesuai dengan ketinggian tempat. Curah hujan terbanyak umumnya berada pada ketinggian antara 600 - 900 m di atas permukaan laut.
4. Di daerah pedalaman, di semua pulau musim hujan jatuh pada musim pancaroba. Demikian juga halnya di daerah-daerah rawa yang besar.
5. Bulan maksimum hujan sesuai dengan letak DKAT.
6. Saat mulai turunnya hujan bergeser dari barat ke timur seperti:1) Pantai barat pulau Sumatera sampai ke Bengkulu mendapat hujan terbanyak pada bulan November.2) Lampung-Bangka yang letaknya ke timur mendapat hujan terbanyak pada bulan Desember.3) Jawa bagian utara, Bali, NTB, dan NTT pada bulan Januari - Februari.
7. Di Sulawesi Selatan bagian timur, Sulawesi Tenggara, Maluku Tengah, musim hujannya berbeda, yaitu bulan Mei-Juni. Pada saat itu, daerah lain sedang mengalami musim kering. Batas daerah hujan Indonesia barat dan timur terletak pada kira-kira 120( Bujur Timur).
Keadaan Iklim
Musim di Sulawesi Tengah dipengaruhi oleh dera musim secara tetap yaitu musim barat yang kering dan musim timur yang banyak membawa uap air. Musim timur terjadi sekitar bulan April sampai dengan September yang ditandai dengan banyak curah hujan, sedangkan musim barat sekitar bulan Oktober sampai Maret yang ditandai dengan kurangnya curah hujan.
Di Sulawesi tengah pada umunya hujan setiap tahun sangat bervariasi, kecuali lembah Palu yang curah hujan sangat kurang itu disebabkan bahwa di Sulawesi Tengah merupakan daerah Rain Shadow (daerah bayang-bayang hujan).
Keadaan Suhu
Suhu udara di Sulawesi Tengah untuk dataran tinggi berkisar antara 22,3° - 23,8° dan di daerah dataran rendah berkisar 31,1° c dengan kelembaban udara rata-rata berkisar antara 72-82 %.
Rata-rata suhu maksimum kota Palu berkisar 32,90° c, sedangkan rata-rata suhu minimum terjadi pada bulan Juni 22,1° c.
Curah Hujan dan Keadaan Angin
Curah hujan di Kota Palu dipengaruhi oleh keadaan geografis dan perputaran / pertemuan arus udara. Rata-rata curah hujan disekitar lembah Palu bervariasi dari 24 - 110 mm, dengan curah hujan tertinggi terjadi pada bulan September 110 MM setiap tahunnya.
Antara curah hujan dan keadaan angin biasanya ada hubungannya satu sama lain, namun demikian di beberapa tempat di Sulawesi Tengah hubungan tersebut tidak selalu ada. Keadaan angin pada musim kering biasanya lebih kencang dan angin banyak bertiup dari arah barat laut, oleh karena itu musim tersebut dikenal dengan musim barat.
Pada musim timur banyak turun hujan, angin bertiup agak menurun dibanding keadaan angin pada musim kering. Tiupan angin yang sering terjadi di sekitar lembah palu mempunyai kecepatan maksimum antara 16 - 20 knots, sedangkan kecepatan angin rata-rata pada umunya berkisar antara 5 - 6 knots pada setiap tahunnya.

5 comments:

  1. Very Good fact. I've never known that Lembah Palu information

    ReplyDelete
  2. Informasi yang berguna. Terima kasih. Mohon klarifikasi, satuan curah hujannya m/tahun atau mm/tahun?
    Terima kasih

    ReplyDelete