Friday, February 13, 2009

Kriteria Sistem Pajak

KRITERIA UNTUK SISTEM PAJAK

Pemerintah memainkan peranan dalam dasar pasar ekonomi yang terpenting yaitu pajak. Pertanyaan mudah tentang kebijakan adalah sistem pajak apakah yang paling baik yang dapat kita lakukan sekarang. Untuk banyak orang, sistem pajak yang baik adalah yang adil dan mudah untuk dimengerti dan tidak mengganggu pasar sebaliknya menjalankannya dengan baik.
Terdapat dua perspektif pada persoalan keadilan. Manfaat pajak mengesankan bahwa pajak tiap orang cenderung mengandalkan pada penghasilan mereka dari program pemerintah. Contohnya, penghasilan dari pajak bensin di United States membantu pembuatan dan pemeliharaan jalan raya. Lebih sering kamu mengemudi, lebih sering kamu gunakan sistem jalan raya maka semakin banyak pajak bensin yang kamu bayar. Untuk banyak program pemerintah, bagaimanapun, akan sulit jika menentukan besarnya keuntungan khusus yang didapat warganegara. Contohnya, semua hukum yang kekal menguntungkan warganegara dari sistem peradilan kriminal (polisi, pengadilan, dan penjara), tetapi karena kita tidak tahu bagaimana keuntungan tiap orang dari sistem ini, sulit untuk menentukan berapa banyak orang yang akan membayar untuk itu.
Perspektif kedua, fokus pada keadilan yaitu kemampuan warganegara untuk membayar. Pajak keadilan secara mendatar, jika setiap orang dalam perekonomian memiliki keadaan yang sama maka akan membayar jumlah yang sama dalam pajak. Contohnya, rendahnya pemasukan pajak murni, setiap orang yang mendapat jumlah penghasilan yang sama akan membayar pajak penghasilan yang sama. Sebaliknya, pajak keadilan secara menurun yaitu setiap orang dengan penghasilan lebih tinggi akan membayar pajak lebih tinggi. Pertanyaan mudah tentang kebijakan adalah berapa banyak mereka membayar. Sistem pajak keadilan menurun, dalam pandangan satu warganegara mungkin tidak adil dalam pandangan warganegara lainnya.
Kriteria kedua untuk evaluasi sistem pajak adalah kesederhanaan. Jika kamu lebih mengisi bentuk pemasukan pajak, kamu tahu bahwa sistem pajak di Amerika sangat kompleks. Rata-rata rumah tangga menyediakan 27 jam per tahun untuk menyiapkan pajak federal. Setiap rumah tangga harus menghadapi pajak negara bagian dan lokal. Perusahaan mengeluarkan sejumlah besar uang untuk mematuhi dengan kode pajak dan menyampaikan biaya ini untuk konsumen dalam bentuk harga tinggi. Meskipun frekuensi panggilan untuk pajak sederhana, tidak ada tanda bahwa akan mendapat banyak kemudahan untuk mematuhi sistem pajak.
Kriteria ketiga untuk sistem pajak memusat adalah efek pada keputusan pasar. Jika pasar khusus tidak dapat memberikan keuntungan tidak ada alasan untuk mengacaukan pasar. Saat pajak ditentukan, banyak orang mencoba untuk menghindari pajak dengan merubah kebiasaannya. Pajak mengubah pilihan orang-orang dan mengacaukan pasar, dan satu dari tujuan kebijakan untuk meminimkan seperti mengacaukan. Satu tujuan untuk kebijakan adalah bahwa bentuk pajak akan menyebar ke banyak barang dan pelayanan cukup daripada hanya sedikit. Contohnya, pajak khusus pada montir listrik dapat mengecilkan orang yang menjadi montir listrik dan mengacaukan pasar untuk montir listrik. Sebaliknya, penghasilan umum pajak mendapat efek yang sama pada pekerjaan yang umum dengan penghasilan yang sama, jadi gangguan pasar akan kecil.
Terdapat banyak perdagangan dikumpulkan dengan merancang sistem pajak. Sistem pajak yang agak sederhana tidak dapat melengkapi perjanjian dengan banyak perbedaan keadaan dari pembayaran pajak, sudah pasti ketidakadilannya mendatar. Sistem pajak sederhana biasanya ketidakadilannya menurun dalam pandangan banyak pembayar pajak, dengan penghasilan tinggi orang dapat membayar sangat banyak atau sedikit. Pajak mempertimbangkan penurunan keadilan seperti merubah keputusan orang-orang, yang disebabkan kekacauaan di banyak pasar. Tantangan untuk pembuat kebijakan adalah perkembangan sistem dengan keseimbangan tepat antara tiga kriteria.

No comments:

Post a Comment