Friday, February 13, 2009

Global Economic alias Ekonomi Global

PASAR DAN PEMERINTAH DALAM EKONOMI GLOBAL

Kita membutuhkan pemerintah dalam hal:
- menyelenggarakan kontrak dasar dan hak kepemilikan dalam pasar
- menyediakan barang dan jasa yang belum siap untuk dipasarkan
- mengatasi kekurangan yang muncul akibat transaksi murni pasar

Rumah Tangga Dan Perusahaan Dalam Pasar
Adanya pasar, terjadi akibat ketidak mampuan kita untuk mecukupi kebutuhan pribadi oleh diri sendiri,maka dari itu kita membutuhkan barang yang dihasilkan oleh orang lain.

Perbandingan Keuntungan dan Spesialisasi
Sistem pasar adalah sebuah system dimana individu-individu dan perusahaan-perusahaan menggunakan pasar untuk memfasilitasi pertukaran uang dan barang. Sedangkan euntungan absolut adalah kemampuan seseorang atau suatu Negara untuk memproduksi barang khusus dengan biaya absolut yang lebih rendah dibadingkan dengan orang atau Negara lain.
Mengenai spesialisasi dalam hal meningkatkan suatu produksi barang, dapat dijelaskan melalui prinsip biaya imbangan. Spesialisasi dikatakan menguntungkan bila terdapat perbedaan biaya keseimbangan sebagai perbandingan keuntungan atau comparative advantage ( kemampuan seseorang atau suatu Negara untuk memproduksi sebuah barang dengan biaya imbangan yang lebih rendah disbanding biaya imbangan dari orang atau negra lain). Maksudnya adalah: jika masyarakat tidak dapat memenuhi kebutuhan pribadinya,namun dnegan keahlian yang dimilikinya, mereka dapat menukarkan apa yang mereka produksi dengan barang atau jasa yang mereka inginkan sebagai pemuas kebutuhan. Dalam ekonomi modern, kita tidak menukar secara barter(langsung) melainkan menggunakan uang dalam proses pertukaran.

Rumah Tangga dan Perusahaan
Rumah tangga adalah seseorang atau sekelompok orang yang tinggal dalam unit rumah yang sama. Sedangkan perusahaan adalah sebuah organisasi yang menggunakan sumberdayan yang dimilikinya untuk memproduksi barang lalu menjualnya. Perusahaan dibagi menjadi tiga tipe, yaitu:
- A sole proprietorship ; yaitu sebuah perusahan yang hanya dimiliki oleh satu orang yang berhak atas semua keuntungan dan sebgai penanggung jawab keseluruhan dari semua hutang perusahaan.
- A partnership ; sebuah kesatuan perusahaan yang dimiliki oleh dua orang atau lebih, dimana semua orang bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang didapat.
- A coorporation ; merupakan suatu kesatuan legal yang dimiliki oleh banyak pemilik saham dimana pada perusahaan tersebut tanggung jawab perseorangan atas kerugian dan keuntungannya terbatas.
Multinational corporation adalah suatu organisasi yang memproduksi dan menjual barang dan jasa ke seluruh dunia.

Perputaran Aliran
Terdapat dua jenis pasar yang memungkinkanterjadinya pertukaran, yaitu:
faktor atau input pasar ; pemilik faktor produksi menjualinputnya kepada organisasi yang menggunakan input tersebut untuk memproduksi barang dan jasa.
barang atau output pasar ; organisai yang memproduksi barang menjualnya kepada kosumen.

Rumah Tangga Sebagai Penjual dan Pembeli
Kedudukan rumah tangga adalah sebgai pemilik faktor produksi. Terdapat tiga tipe pasar faktor, yaitu:
pasar tenaga kerja ; perusahaan menyewa pekerja dan membayar gaji atas jamkerja yang mereka laksanakan
pasar modal ; rumah tangga menggunakan simpanan mereka untuk menyediakan dana atau modal, dimana perusahaan akan menggunakannya utuk membeli modal isik. Dalam pertukaran modal, rumah tangga meminta pembayaran bunga atau beberapa porsi keuntungan dari perusahaan.
Pasar sumber daya alam.
Sehingga pada kesimpulannya adalah rumah tangga sebgai penjual dalam pasar faktor dan sebagai pembeli dalam pasar barang.

Perusahaan Sebagai Penjual dan Pembeli
Tujuan yang dimiliki oleh perusahaan adalah mengubah bentuk input menjadi output dan menjual barang kepada rumah tangga.
Dan pada akhirnya, kedudukan perusahaan adalah sebgai pembeli dalam pasar faktor dan penjual dalam pasar barang.


Diagram perputaran aliran menggambarkan interaksi rumah tangga dan perusahaan dalam pasar faktor maupun pasar barang Diagam sederhana perputaran aliran digunakan sebagai titik awal untuk mendeskripsikan bagaimana cara kerja ekonomi, namun memiliki kelemahansebgai berikut:
tidak menerangkan pengaruh pemerintah
tidak menerangkan pengaruh perdagangan internasional


Peran Pemerintah

Peran pemerintah dalam sistem ekonomi berbasis pasar memiliki lima kewajiban umum, antara lain:
menyediakan barang dan jasa
mendistribusi pendapatan atau income
pajak
regulasi praktek bisnis
pembuat kebijakan perdagangan.
Di Amerika serikat terdapat tiga level pemerintahan, yaitu :
local government atau pemerintah lokal
state government atau pemerintah kota
national government atau pemerintah pusat


Alokasi Program Pemerintah
Alokasi yang dilakukan oleh pemerintah (AS) antara lain :
local government mengalokasikan program untuk pendidikan (TK – SMA); kesejahteraan dan kesehatan ; lingkungan dan perumahan ; keamanan umum ; transportasi.
state government mengalokasikan programnya untuk pendidikan(universitas) ;kesejahteraan umum ; keamanan umu ; lalu diikuti oleh jalan raya, program kesehatan dan transportasi.
federal government mengalokasikan programnya untuk pendapatan keamanan dan pertahanan nasional.

Kriteria Sistem Pajak
Adapun kriteria sistem pajak antara lain adalah:
Ë adil, mudah dimengerti,dan tidak memisahkan pasar dengan cara operasi lain yang lebih efektif
terdapat dua perspektif dalam isu keadilan, yaitu:
- keuntungan pendekatan pajak ; bahwa kewajiban seseorang membayar pajakharus disesuaikan dengan keuntungan dari program pemerintah.
- Kemampuan warga membayar pajak yang dibagi menjadi :
· Keadilan horizontal ; dimana masyarakat yang tergolong dalam kelas ekonomi yang sama harus membayar pajak yang sama besar.
· Keadilan vertikal ; dimana masyarakat yang memiliki pendapatan atau kekayaan yang lebih besar seharusnya membayar pajak yang lebih besar pula.
Ë sederhana ( tidak membingunkan )
Ë sistem pajak mempengaruhi keputusan pasar

Sumber Pendapatan Pemerintah Lokal, Kota, Federal
Sumber pendapatan (khususnya di AS) berasal dari:
Pendapatan local government berasal dari sumber pajak bumi dan bangunan, perdagangan, dan industri.
Pendapatan state government berasal dari pajak penjualan dan pajak pendapatan.
Pendapatan federal government berasal dari pajak pendapatan dan pajak payroll ??

Peraturan Pemerintah
Kebanyakan pada tingkat dasar, pemerintah menetapkan sebuah system legal untuk menguatkan perlindungan hak kepemilikan. Pada tiap tingka pemerintahan , mereka mengatur aktivitas perekonomian. Contohnya: pemerintah lokal menetapkan penggunaan lahan, pemerintah kota menetapkan peratuan mengenai polusi udara dan air.

Alternatif Sistem Ekonomi : Perencanaan Ekonomi Terpusat
Penrencanaan ekonomi terpusat merupakan system ekonomi dimana keputusan untuk memproduksi dan konsumsi ditetapkan oleh pemerintah pusat, bukan oleh produsen atau konsumen pasar. Masalah untam yang timbul dari system ini adalah :
Bonus perkerja dan perusahaan digunakan untuk pertemua atau mengatasi target produksi yang ditetapkan oleh birokrat sehingga menyebabkan pekerja dan perusahaan mengalami potensi produksi yang mereka miliki.
Birokrat mengalami kekurangan informasi untuk membuat banyak keputusan yang diinginkan untuk mengalokasikan bahan mentah dan input lain kepada beberapa ribu perusahaan.
Maka dari itu beberapa Negara menganti system ekonominya dari sistem ekonomi terpusat menjadi sistem ekonomi campuran ( Sistem ekonomi dimana pemerintah memiliki peranan penting, termasuk peratuarn pasar, tempat dimana keputusan banyak dibuat). Namun Negara tersebut mungkin saja mengalami kesulitan dalam trasisi sehingga harus mengadakan privatisasi (penjualan perusahaan pemerintah kepada individu atau pihak swasta).


Ekonomi Global
Zaman ekonomi global seperti ini,banyak barang yang diproduksi di sebuah Negara dan dijual di negra lain. Namun kesulita yang dihadapi akibat keterlibatan adanya perdagangan internasional adalah:
Beberapa pemerintah mengadopsi kebiakan untuk melarang perdagangan
Karena beberapa Negara memiliki mata uang tersendiri, maka harus ada pasar mata uang.

Perdagangan Internasional : Ekspor dan Impor
§ Ekspor adalah barang yangdiproduksi sebuah Negara dan dijual kepada Negara lain.
§ Impor adalah barang yang diproduksi di luar negeri atau Negara lain dan dibeli oleh Negara.
Yang dimaksud dengan kebijakan perdagangan internasional adalah perdagangan yang terjadi antar Negara tidak tedapa sesuatu yang disembunyikan dari perdagangan antar idividu, wilayah atau region dengan suatu Negara.

Kebijakan Perlindungan
Kebanyakan negra melakukan berier perdagangan (dalam bentuk peraturan) untuk membatasi perdagangan internasional. Kebijakan ini ditujukan untuk melindungi perusahaan domestik dari kompetitor asing. Bentuk proteksi tersebut antara lain:
Quota ; batas absolut dari volume barang khusus yang isa diimpor ke dalam suatu Negara.
Menahan ekspor secara suka rela ; suatu Negara setuju untuk membatasi volume ekspor denan Negara lain.
Bea ; pajak khusus dalam mengimpor barang.
Cara lain untuk mengatasi impor tanpa barier perdagangan antara laina adalah menargetkan impor untuk lebih eliti dalam hal kesehatan dan keamanan.

Sejarah Bea dan Perjanjian Perdagangan
Sejak tahun 1980 amerika Serikat telah menetapkan rata-trata bea sekitar 5 % . Tahun 1947 dibentuk GATT (General Agreement On Tariffs And Trade) sebah perjanjian internasional yang mengurangi barier perdagangan antara Amerika Serika dengan negara-negara lain. Akhirnya seiring berkembangnya zaman, banyak dibentuk semacam organisasi atau perjanjian yang intinya mengurangi berier perdaganan anggota-anggotanya seperti NAFTA (North American Free Trade Agreement) untuk Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada ; EU (European Union) untuk Negara-negara di eropa ; APEC ( Asian Pasific Economic Cooperation) yang terdiri dari 18 negara-negara Asia.

Pasar Mata Uang dan Standar Pertukaran
Pasar mata uang asing adalah sebuah pasar dimana masyarakat dapat menukar mata uang yang satu dengan mata uang yang lain. Sedangkan standar pertukaran adalah harga pada perdagangan mata uang asing untuk mata uang asing lainnya. Standar pertukaran dibatasi pada standar tertentu dimana kita bisa menukar satu mata uang asing dangan satu mata uang asing tertentu lainnya. Dengan standar pertukaran antara dua jenis mata uang, kita bisa menentukan harga actual dari barang yang diproduksi Negara lain.

No comments:

Post a Comment